Seputar Trans Jogja, Transportasi Kebanggan Wong Jogja

Trans jogja mempunyai berbagai rute yang siap mengantarkan Anda ke berbagai lokasi di Jogja. Meski masih berada di area dalam kota, namun transportasi yang satu ini tidak pernah sepi oleh penggunanya. Berikut beberapa informasi terkait transportasi yang satu ini, mulai dari rute trans Jogja 2018 hingga cara naik transportasi ini.

Transportasi Pilihan Masyarakat

Tidak seperti angkutan pada umumnya, trans jogja memiliki aturan tersendiri dalam penggunaannya. Apa saja? Ini dia infonya khusus untuk Anda.rute transjogja terbaru 2018

⦁ Rute Trans Jogja
Berbeda dengan rute tahun sebelumnya, kini Dinas Perhubungan telah menambah 9 rute lokasi tujuan trans jogja. Pada awalnya hanya tersedia 8 rute yaitu jalur 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, dan 4B. Namun, saat ini telah tersedia 9 rute tambahan meliputi jalur 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, dan jalur 11. Perlu diketahui beberapa jalur trayek dari masing-masing rute, berikut penjabarannya:

⦁ Trayek 1A : Terminal Prambanan – Bandara Adisucipto – Stasiun Tugu – Malioboro – JEC.
⦁ Trayek 1B : Bandara Adisucipto – JEC – Kantor Pos Besar – Pingit – UGM – Terminal Condong Catur.
⦁ Trayek 2A : Terminal Jombor – Malioboro – Basen – Kridosono – UGM – terminal Condong Catur.
⦁ Trayek 2B melewati jalur Terminal Jombor – Terminal Condongcatur – UGM – Kridosono – Basen – Kantor Pos Besar – Wirobrajan – Pingit.
⦁ Trayek 3A : Terminal Giwangan – Kotagede – Bandara Adisucipto – Ringroad Utara – MM UGM – Pingit – Malioboro – Jokteng Kulon
⦁ Trayek 3B : terminal Giwangan – Jokteng Kulon – Pingit – MM UGM – Ringroad Utara – bandara Adisucipto – Kotagede
⦁ Trayek 4A : terminal Giwangan – Tamansiswa – Pakualaman – Lempuyangan – Kridosono
⦁ Trayek 4B : terminal Giwangan – XT Square – SGM – Balaikota – UIN – Kridosono – Balai Yasa – UIN
⦁ Trayek 5A dan 5B memiliki arah lokasi yang berlawanan. Untuk trayek 5A : Terminal Jombor – Tempat Wisata Sindu Kusuma Edupark – Bundaran UGM – Ringroad Utara – dan berakhir di Halte Jombor
⦁ Trayek 6A melaju dari arah Halte Ngabean ke arah barat melewati Pasar Gamping dan berakhir di Ngabean kembali. Sedangkan trayek 6B menempuh jalan berlawanan arah dari 6A.
⦁ Trayek 7 melewati kawasan Ringroad seperti Babarsari, Seturan menuju Terminal Giwangan.
⦁ Jalur 8 melewati area Ringroad Mlangi, Sleman
⦁ Jalur 10 melewati Jalan Wates, Gamping, Sleman

Dilihat dari berbagai jalur yang dilewati masing-masing trayek, tentunya juga berbeda pula halte trans jogja yang disinggahi. Meski demikian, ketika Anda merasa bingung untuk menghafalkan jalurnya Anda bisa meminta bantuan para pegawai yang ada di halte terdekat.

⦁ Tarif Trans Jogja
Harga tiket trans jogja terbagi menjadi dua, yaitu single trip dan tiket berlangganan yang bisa dibeli berdasarkan kuota (Rp 15.000 – Rp 100.000). Untuk single trip Rp 3.600. Untuk yang berlangganan terbagi menjadi dua yaitu, umum Rp 2.700 per trip dan pelajar (SD hingga SMA) Rp 1.800 per trip.

⦁ Cara Naik Trans Jogja
Bagi Anda yang pertama kali menggunakan transportasi tersebut, wajib dicermati langkah-langkah penggunaannya. Pertama, tentukan trayek yang digunakan untuk mencapai tujuan, jika bingung silakan bertanya kepada pegawai di halte. Kedua, bayar sejumlah tarif yang sudah ditentukan. Selanjutnya, pegawai akan memasukkan kartu bukti pembayaran sebagai registrasi transportasi tersebut.

Langkah terakhir silahkan untuk menaiki trayek yang sudah ditetapkan, berhentilah di halte yang ingin dituju, jika trayek tersebut berbeda jalur usahakan berhenti di halte terdekat untuk menunggu jalur yang lain tanpa meninggalkan kawasan halte. Jika meninggalkan, maka ketika Anda akan menaiki trans jogja kembali Anda akan dikenakan biaya registrasi ulang.

Itu dia beberapa informasi terkait transportasi jogja (trans jogja). Anda dapat memanfaatkan transportasi ini untuk memudahkan mobilitas Anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat berlibur.

Seputar Trans Jogja, Transportasi Kebanggan Wong Jogja | DheaTour | 4.5